9 Mei 2012

Sepenggal cerita tentang DECORE

Haloo ceman-cemann pembacaaa!
Kuwangen banget looh sama kalian. Sama dunia tulis-menulis. Sama aktivitas begadangnya juga karena saya biasanya nemu ide kalau tengah malam. Hehehe.. *alesan*

Hampir 4 bulan ya saya vakum. Ada satu kesibukan yang yaa kalau dibilang cukup menguras energi dan pikiran *enggak ding, ini mah berlebihan namanya haha*

Jadi, awal tahun kemarin, saya dan kedua teman saya -Nabilla dan Prita- resmi membuka usaha sendiri. Usaha kami di bidang jasa konsultan interior. Yaa semacam interior developerlah. Jadi kita menangani desain interior mulai dari interior rumah, kantor, public space, dll. Desain stand booth dan furniture juga kita pegang.

Sebenarnya kita sudah start dari bulan Agustus 2011. Itu pun terbentuk karena kebetulan. Haha. Ide awal untuk membuka usaha sendiri ini memang sudah ada dalam pikiran saya dan Nabilla ketika masih sama-sama berkuliah. Cuman memang masih sebatas obrolan saja. Setelah kena tugas kuliah, lupa lagi haha.

Nabilla dan Prita saat itu lulus terlebih dahulu  karena mereka menempuh kuliah 3,5 tahun. Sedangkan saya baru lulus setelahnya karena mengambil kuliah 4 tahun. Pas. Hehehe.
Di saat masa-masa saya Tugas Akhir, Nabilla dan Prita rupanya sepaham untuk membuka kantor konsultan sendiri. Dan begitu saya lulus, masuklah saya di grup itu. Obrolan iseng saya dan Nabilla waktu jaman kuliah dulu rupanya terkabul. Hihihihi.. :D

Jadilah kami bertiga mendirikan kantor konsultan interior. Masalah belum kelar sampai disitu. Nama kantor. Yep! Kami harus memutar otak nama apa yang pas, unik, mudah diingat, dan sesuai dengan kami. Mulai dari membuka buku nama bayi sampai dengan mencari nama-nama latin dan wayang-wayangan yang unik pun kami lakoni.
Ada banyak list kami tulis. Dan itu kami diskusikan bersama Tante Noni, mamanya Prita. Beliau adalah penasihat pribadi kami. Hihihihiihihii *makasihh banyak, Tantee :*

Akhirnya kami menemukan nama yang paling pas saat itu. JENDELA DESIGN.
Kami memang menginginkan nama-nama yang berbau Indonesia. Saat itu. Tetapi rupanya kabar dari seorang teman, nama itu telah digunakan oleh orang lain. Lebih tepatnya senior di kampus kami. Hahaha. Oke kita ganti lagi.

Mencari nama adalah hal sepele tapi susah. Nama itu harus ada maknanya. Tidak asal nyebut saja. Dan itu yang sedang kami cari. Mulai dari PRINALA DESIGN (tebak artinya apa hayoo hihihi), PILAR DESIGN, sampai dengan SRIKANDI. Tapi tetap belum memuaskan kami. Akhirnya karena kami sama-sama sudah buntu, kami berdiskusi dengan mas-mas dari TECHNOGRAPHIC. Mereka adalah sekumpulan mas-mas unyu yang sangat handal di bidang mereka. Ada mas Priyo Pahenggar, mas Tomi, dan mas Gusto Hutapea. Mereka bertugas untuk mendesain logo dan website kami.

Nah, sejarah nama kami awalnya justru dari diskusi dengan mas-mas unyu TECHNOGRAPHIC ini! Pada saat itu mereka bertanya kepada kami. Apa nama usaha kalian? Kami sama-sama menjawab, "PRINALA DESIGN, mas". Dan pada saat itu mereka tertawa. Kami pun ikutan cengar-cengir. Rupanya mereka tau kalau PRINALA DESIGN itu adalah singkatan nama kami. Hahahha ketahuan!
Yap, PRINALA DESIGN adalah singkatan nama kami. PRIta, NAbilla, diLA. Hahaha sungguh tidak mboyish bukan? Heuheuheu.. Yaa namanya juga buntu. Ambil gampangnya saja.

Si mas-mas ini nampaknya kurang setuju nama itu. Alhasil kita malah diskusi, nama apa yang kira-kira bagus penyebutannya, artinya sesuai dan kelihatan mboyish. Dan tiba-tiba si mas Priyo Pahenggar nyeletuk, "Gimana kalau DECORE?"

...hening...

Dan dalam waktu bersamaan kami bertiga langsung berteriak-teriak histeris, "Wahh! Bagus namanya! DECORE aja mas!"

Hahahaha, ya begitulah asal muasal nama kami. Yap. DECORE. hanya DECORE. Tidak memakai kata-kata DESIGN. Dan tanpa kami sadari, kami menggumamkan kata DECORE berulangkali. Kami senang karena akhirnya menemukan nama yang pas.

DECORE maknanya adalah decoration, mendekor, mendesain, menata. Dan memang pekerjaan kami adalah mendesain interior, menata interior menjadi lebih indah. Dan untuk namanya yang mengandung unsur-unsur bule, yaa sudahlah. Hihihihi. Niat awal kami memang menginginkan nama Indonesia. Tapi kami sudah terlanjur suka dengan nama ini :)

Oke, balik lagi ke awal. Peresmian legalitas DECORE baru bulan Januari kemarin. Dan Alhamdulillah-nya kami lancar mendapat proyek-proyek. Jadi selama awal-awal bulan itu kami membangun DECORE dari nol. Mulai dari pindah kantor, mengurus pajak, mengerjakan proyek, survey ke lokasi bangunan, pengukuran, itu kami lakukan sendiri. Hanya ber-3. Haha.. Warior (Wanita Interior) sejati! :p

Kantor kami beralamat di Kalibokor 2/32, Surabaya. Sekitar daerah Pucang-Surabaya situ. Kantor DECORE sendiri tidak luput kami desain. Kami suka dengan nuansa yang chic. Nuansa yang eye catching bisa mempengaruhi mood loh saat bekerja. Jadi kami desain kantor kami dengan mood-mood yang menyenangkan. Hehehe :D

Tampak arsitekturnya memang minimalis modern, tapi ketika masuk ke dalam, nuansanya akan jauh berbeda dengan tampak arsitekturnya. Memang untuk arsitektur tidak kami ubah sepenuhnya. Kami lebih fokus kepada interior dalam kantor saja. Style yang kami ambil adalah chic modern. Yaa, hampir setipe dengan style modern Eropa. Dengan kombinasi warna biru dan coklat, kami tuangkan pada furniture dan wallpaper. Kemudian di finish dengan gaya rustic yaitu unfinished.

Interior DECORE memang belum sepenuhnya selesai. Kami masih mengerjakannya setahap demi setahap. Menunggu modal selanjutnya. Hihihi.. :p

Ehm. Point selanjutnya agak melenceng dari cerita awal. Saya hanya ingin sharing saja karena memang masih ada hubungannya dengan DECORE.
Sebenarnya ini impian terpendam saya. Saya hobi banget travelling. Dan saya pernah membayangkan kalau usaha kami ini bisa mengakomodasi hobi saya. Hehehe. Saya kepingin DECORE ini bisa dapat proyek sampai ke luar Surabaya, keluar Jawa Timur, bahkan sampai keluar pulau, keluar negeri kalau perlu! *Amiinn!*

Keinginan saya ini pernah saya lontarkan kepada teman-teman saya jauh sebelum kami menemukan nama DECORE. Dan itu hanya omongan sepintas lalu.

Tapi yaa, yang namanya Kuasa Tuhan itu Maha Besar. Jadi, omongan saya yang dulu itu kejadian beneran. Sekitar bulan Maret kami ke Kupang untuk mengerjakan sebuah proyek. Wuahh, itu saya senangnya bukan main. Senang dapat proyek dan senang bisa travelling ke tempat yang baru.

Memang baru satu proyek itu yang terjauh saat ini. Bisa jadi, selanjutnya dapat proyek di luar kota atau bahkan luar pulau lagi. Who knows? Allahualam..  :)

Well, mungkin itu dulu cerita dari saya tentang DECORE, kesibukan baru saya :)
Nanti saya cerita-cerita lagi tentang DECORE yaa..

See you as soon as possible, guys! :*

Tim DECORE: (ki-ka) Nabilla, Prita, Dila :)

FYI, Prita saat ini tengah mengandung 6 bulan. Sebentar lagi saya dan Nabilla akan menjadi tanteee :))
Yeayyy, DECORE tambah rameeeee~




2 komentar:

SABILA mengatakan...

wah sukses decore-nya mbak.. hebat ya cewek2 kece.. hehe

hello yellow! mengatakan...

Amiinnn...muwakasihh yaa sabilaaa.. Sukses juga buat kamuu! :D